# Syarat dan Ketentuan

# Shalom dan selamat datang di Aplikasi Reborn!

Syarat dan Ketentuan ini adalah perjanjian antara Pengguna (“Anda”) dan Penyedia Layanan "Reborn" (“Kami”). Syarat dan Ketentuan ini mengatur akses dan penggunaan Anda atas aplikasi dan situs web Reborn yang berisi produk dan layanan yang disediakan oleh Kami.

Pengguna disarankan membaca dengan seksama karena dapat berdampak kepada hak dan kewajiban Pengguna di bawah hukum. Dengan mendaftar dan/atau menggunakan aplikasi Reborn, maka pengguna dianggap telah membaca, mengerti, memahami dan menyetujui semua isi dalam Syarat dan Ketentuan. Jika pengguna tidak menyetujui salah satu, sebagian, atau seluruh isi Syarat dan Ketentuan, maka pengguna tidak diperkenankan menggunakan layanan di aplikasi Reborn.

# Definisi

  1. Reborn adalah sebuah platform yang membantu segala kebutuhan Gereja dan Jemaat supaya semakin mudah, cepat, dan efektif sehingga segala aktivitas yang berkaitan dengan Gereja dapat berjalan dengan baik.
  2. Penyedia Layanan Reborn adalah Badan Usaha berbentuk CV, dengan nama CV. Karya Anak Milenial.
  3. Pengguna adalah Pihak yang menggunakan layanan Reborn, yaitu akun Gereja (diwakilkan oleh Manager Gereja) dan Jemaat maupun pihak lain yang terdaftar dalam aplikasi namun belum terdaftar sebagai Jemaat dalam sistem Reborn.
  4. Mitra adalah Akun Gereja yang telah terdaftar dalam sistem Reborn.
  5. Akun Gereja adalah Organisasi Gereja yang terdaftar dalam sistem Reborn yang dikelola oleh Manager Gereja, dan wajib mengikuti persyaratan yang ditetapkan.
  6. Manager Gereja adalah Pengguna yang bertindak sebagai pengurus atau pengelola Akun Gereja pada laman manager.getreborn.id dan dapat terdiri dari satu orang atau lebih.
  7. Lead Manager adalah Manager Gereja yang pertama kali didaftarkan pada aplikasi Reborn, yang dapat mengakses segala privilege yang ada dalam laman manager.getreborn.id dan mengelola aktivitas para manager yang lain, termasuk pengangkatan manager baru dan pengaturan privilege masing-masing manager.
  8. Jemaat adalah Orang yang telah terdaftar sebagai anggota di salah satu Akun Gereja dalam sistem Reborn.
  9. Jadwal Ibadah adalah waktu beribadah yang ditentukan oleh masing-masing Gereja.
  10. Jadwal Pelayanan adalah pembagian tugas pelayanan yang ditentukan oleh masing-masing Pengurus Gereja kepada para pelayan.
  11. Persembahan adalah pengumpulan uang secara sukarela dalam Kebaktian.
  12. Perpuluhan adalah pemberian sepuluh persen dari penghasilan kepada Gereja.
  13. Pendaftaran Pernikahan adalah proses pendaftaran yang dilakukan oleh pihak yang akan menikah ke Mitra dimana pemberkatan akan dilaksanakan.
  14. Pendaftaran Akta Kelahiran adalah proses pendaftaran bayi yang baru lahir agar mendapatkan Akta Kelahiran.
  15. Pengurusan Akta Kematian adalah proses pengurusan akta kematian yang memberitahukan bahwa seseorang tersebut meninggal dunia.
  16. Pendaftaran Penyerahan Anak adalah proses pendaftaran untuk keperluan penyerahan anak dari sepasang suami istri kepada Mitra untuk diberkati.
  17. Pendaftaran Baptis adalah proses pendaftaran seseorang yang hendak dibaptis kepada Mitra yang akan membaptis.
  18. Konseling adalah pemberian bimbingan, penyuluhan, pengarahan, yang dilakukan oleh Pendeta/Gembala kepada Jemaat yang dikonseling.
  19. Ruang Doa adalah halaman virtual dimana para Jemaat dapat memposting topik doa yang mereka gumulkan dengan harapan dapat saling mendoakan, dan Jemaat lain dapat saling memberikan tanggapan.
  20. Konten adalah setiap komentar, ide, grafik, foto, data, teks, audio, video, atau informasi lain yang diposkan ke Sistem Reborn oleh Mitra.
  21. Event adalah setiap acara yang diselenggarakan oleh Mitra dan dipromosikan melalui aplikasi Reborn.

# Pihak Penyedia Layanan

  1. Reborn mengelola dan menyediakan layanan bagi Pengguna untuk membantu pengelolaan aktiftias Gereja dan Jemaat yang sesuai dengan Aturan Penggunaan Reborn baik dalam website maupun aplikasi.
  2. Sebagai pihak penyedia layanan, Reborn tidak berperan sebagai Organisasi Gereja, melainkan sebagai media untuk Gereja dan Jemaat mengelola aktivitasnya melalui Platform Reborn.

# Akun dan Keamanan

Sederhananya:

Pengguna wajib menjaga keamanan akun dan data miliknya sendiri dengan tidak memberikan email dan password atau memberi akses ke pihak lain untuk menggunakan akun miliknya. Saat menggunakan aplikasi, pengguna dilarang melanggar ketentuan hukum yang berlaku di Indonesia.

  1. Pengguna dengan ini menyatakan bahwa pengguna adalah orang yang cakap dan mampu untuk mengikatkan dirinya dalam sebuah perjanjian yang sah menurut hukum.
  2. Pengguna wajib membaca, memahami serta mengikuti semua ketentuan yang diatur dalam Aturan Penggunaan ini.
  3. Pengguna menjamin bahwa identitas/data pribadi yang Pengguna daftarkan dalam pembuatan akun Reborn merupakan identitas/data pribadi milik Pengguna sendiri bukan milik pihak manapun.
  4. Pengguna bertanggung jawab secara pribadi untuk menjaga kerahasiaan akun dan password untuk semua aktivitas yang terjadi dalam akun Pengguna.
  5. Reborn menyediakan fitur/layanan keamanan tambahan yaitu proses verifikasi pada email.
  6. Pengguna dengan ini menyatakan bahwa Reborn tidak bertanggung jawab atas kerugian ataupun kendala yang timbul atas penyalahgunaan akun Pengguna yang diakibatkan oleh kelalaian Pengguna, termasuk namun tidak terbatas pada meminjamkan atau memberikan akses akun kepada pihak lain, mengakses link atau tautan yang diberikan oleh pihak lain, memberikan atau memperlihatkan password atau email kepada pihak lain, maupun kelalaian Pengguna lainnya yang mengakibatkan kerugian ataupun kendala pada akun Pengguna.
  7. Selama menggunakan dan/atau mengakses Platform Reborn, Pengguna dilarang keras mengunggah dan/atau mempergunakan kata-kata, komentar, gambar, atau konten apa pun yang mengandung unsur SARA (Suku, Agama, Ras, dan Antar Golongan), menyesatkan, memfitnah, atau mencemarkan nama baik, diskriminasi, merendahkan atau menyudutkan orang lain, vulgar, bersifat ancaman, kata-kata kasar atau hal-hal lain yang dapat dianggap tidak sesuai dengan nilai dan norma sosial. Reborn dalam hal ini berhak melakukan tindakan yang diperlukan atas pelanggaran ketentuan ini, antara lain penghapusan konten, pemblokiran akun, dan lain-lain.
  8. Pengguna dilarang menggunakan Platform Reborn untuk melanggar peraturan yang ditetapkan oleh hukum di Indonesia maupun di negara lainnya.
  9. Dalam hal Pengguna melakukan pelaporan dan/atau aduan atas layanan di Platform Reborn dan/atau Aturan Penggunaan, maka setiap laporan dan/atau aduan tersebut wajib disampaikan dengan itikad baik dan dengan tujuan menyelesaikan masalah.

# Jemaat

Sederhananya:

Pengguna wajib memberikan informasi dan data pribadi yang benar sesuai ketentuan dari aplikasi dalam rangka penggunaan platform Reborn. Pengguna dapat mendaftar sebagai jemaat ke salah satu akun Gereja pada Reborn untuk dapat menikmati semua layanan dalam Reborn.

  1. Pengguna yang memiliki akun di Platform Reborn, wajib mengisi data pribadi secara lengkap sesuai dengan identitas pribadinya di halaman profil Reborn.
  2. Pengguna wajib menyampaikan informasi yang benar, tepat, lengkap dan terbaru dari diri Pengguna dalam rangka penggunaan Platform Reborn dari waktu ke waktu.
  3. Pengguna yang telah memiliki akun pribadi namun belum terdaftar sebagai Jemaat dalam salah satu Akun Gereja, dapat mendaftarkan diri dengan menscan QR Code yang tersedia di masing-masing Gereja, atau menginput ID Gereja pada halaman yang telah disediakan, atau dengan menekan link Gereja yang terdaftar dalam aplikasi Reborn.
  4. Pengguna yang telah terdaftar sebagai jemaat di salah satu akun Gereja pada Reborn, dapat berhubungan dengan sesama jemaat dalam gereja dan dengan manager gereja. Pengguna juga dapat menikmati semua fitur yang tersedia dan melihat segala informasi dalam gereja dimana dia terdaftar sebagai jemaat.

# Mitra

Sederhananya:

Mitra akan didaftarkan terlebih dahulu Organisasi Gerejanya dalam aplikasi Reborn, dengan mengisi semua data yang wajib. Lead Manager dapat mengatur jumlah manager dan privilegenya. Manager-manager gereja dapat mengelola akun Gereja sesuai privilegenya pada laman manager.getreborn.id. Mitra sepenuhnya bertanggung jawab atas akun gerejanya masing-masing.

  1. Pengguna yang akan bertindak sebagai Manager Gereja akan didaftarkan terlebih dahulu Organisasi Gerejanya dalam aplikasi Reborn dengan mengisi semua data yang wajib. Setelah mendaftar, Manager Gereja dapat menggunakan setiap fitur yang ada untuk membantu mengelola aktivitas Gerejanya.
  2. Manager Gereja yang bertindak sebagai Lead Manager, dapat mengangkat atau menjadikan pengguna lain sebagai rekan Manager dengan cara menambahkannya pada laman manager.getreborn.id.
  3. Lead Manager juga dapat mengedit privilege-privilege yang dapat dikelola oleh masing-masing Manager, sehingga masing-masing Manager Gereja dapat mengelola Akun Gereja sesuai dengan privilege yang ditentukan oleh Lead Manager pada laman manager.getreborn.id.
  4. Mitra setuju untuk sepenuhnya bertanggung jawab atas setiap dan semua kesalahan yang dibuat sehubungan dengan pengelolaan Gerejanya.
  5. Mitra bertanggung jawab atas akses Internetnya sendiri. Reborn tidak bertanggung jawab atas biaya akses internet tersebut, interupsi layanan, atau gangguan fungsi yang disebabkan oleh firewall perusahaan, cacat, atau masalah atau hambatan lain dalam perangkat lunak pihak ketiga.
  6. Mitra harus mengambil semua informasi akun dari akun online-nya melalui internet dan akan menelepon Reborn untuk informasi akun yang dapat diakses hanya jika keadaan khusus ada, seperti gangguan layanan Internet dari Kami.

# Ganti Rugi

Sederhananya:

Penyedia Layanan "Reborn" bebas dari segala tuntutan ganti rugi yang timbul akibat pengguna melanggar perjanjian ini.

Pengguna akan melepaskan Penyedia Layanan "Reborn" dari tuntutan ganti rugi dan menjaga Penyedia Layanan "Reborn" (termasuk Induk Perusahaan, direktur, dan karyawan) dari setiap klaim atau tuntutan, termasuk biaya hukum yang wajar, yang dilakukan oleh pihak ketiga yang timbul dalam hal Pengguna melanggar Perjanjian ini, penggunaan Layanan Reborn yang tidak semestinya dan/atau pelanggaran Pengguna terhadap hukum atau hak-hak pihak ketiga.

# Pilihan Hukum

Sederhananya:

Perjanjian, sengketa, dan tindakan hukum apapun dilaksanakan sesuai hukum yang berlaku di Republik Indonesia.

Perjanjian ini akan diatur oleh dan ditafsirkan sesuai dengan hukum Republik Indonesia. Pengguna setuju bahwa tindakan hukum apapun atau sengketa yang mungkin timbul dari, berhubungan dengan, atau berada dalam cara apapun berhubungan dengan situs dan/atau Perjanjian ini akan diselesaikan secara eksklusif dalam yurisdiksi pengadilan Republik Indonesia.

# Pembaharuan

Sederhananya:

Syarat & Ketentuan ini dapat berubah atau diperbaharui sewaktu-waktu, mohon pengguna selalu membaca dan memeriksa.

Syarat & Ketentuan mungkin diubah dan/atau diperbaharui dari waktu ke waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Reborn menyarankan agar anda membaca secara seksama dan memeriksa halaman Syarat & ketentuan ini dari waktu ke waktu untuk mengetahui perubahan apapun. Dengan tetap mengakses dan menggunakan layanan Reborn, maka pengguna dianggap menyetujui perubahan-perubahan dalam Syarat & Ketentuan.

# Cara Anda Menghubungi Kami

Jika anda memiliki pertanyaan mengenai Kebijakan Privasi ini atau anda ingin mendapatkan akses dan/atau melakukan koreksi terhadap Informasi Pribadi anda, silahkan hubungi support@getreborn.id


Terakhir diperbaharui pada: 5 Januari 2020

Tuhan Memberkati!